ArsipJokowi Sesalkan Peristiwa Kekerasan di Kabupaten Paniai

Jokowi Sesalkan Peristiwa Kekerasan di Kabupaten Paniai

Sabtu 2014-12-27 21:42:30

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, ia menyesalkan terjadinya peristiwa kekerasan yang terjadi di Enarotali, Kabupaten Paniai, Papua, pada 8 Desember 2014 lalu.

“Dengan moment perayaan natal ini, saya ingin menyampaikan, menyesalkan terjadinya kekerasan di Enarotali, Paniai, baru-baru ini. Saya ikut berempati kepada keluarga korban kekerasan,” kata Jokowi, saat memberikan sambutan dalam perayaan natal nasional, yang berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (27/12/2014).

 

Menurut Jokowi, agar kekerasan tidak kembali terjadi di massa yang akan datang, maka kasus tersebut harus diselesaikan secepat-cepatnya. (Baca: Pimpinan Gereja Tolak Rencana Presiden Jokowi Hadiri Perayaan Natal di Papua).

 

“Kita ingin tanah Papua sebagai tanah yang damai, saya ingin kasus ini diselesaikan secepat-secepatnya,” kata Jokowi. (Baca: Aparat TNI/Polri Tembak Mati Empat Warga Sipil di Kabupaten Paniai).

 

Menurutnya, perayaan natal tahun ini diharapkan dapat membawa damai kepada siapa saja, karena itu momentum natal harus dijadikan sebagai kabar baik bagi keberlangsungan tanah Papua yang damai.

 

“Kedatangan saya ke tanah Papua, saya ingin gunakan sebanyak-banyaknya untuk mendengarkan suara rakyat Papua. Saya ingin berdialog dengan hati, sebagai fondasi untk menatap masa depan rakyat Papua yang lebih baik,” ujarnya.

 

Lanjut Jokowi, rakyat Papua tidak hanya membutuhkan pelayanan kesehatan, pendidikan, pembangunan jalan, pelabuhan, dan jalan rayat, namun rakyat Papua ingin didengar. (Baca: Lagi, Satu Warga Paniai Tewas Ditembak TNI/Polri; Korban Jadi Lima Orang).

 

“Saya lihat rakyat Papua butuh didengar dan diajak bicara. Itulah sikap dasar saya dalam membicarakan setiap persoalan-persoalan yang ada di Papua.” (Baca: Kado Natal Jokowi-JK untuk Papua, 5 Warga Paniai Tewas Ditembak TNI/Polri).

 

“Kita ingin semuanya, akhiri konflik, jangan ada lagi kekerasan, mari kita bersatu, yang masih di dalam hutan, yang masih di gunung-gunung, mari kita sama-sama membangun Papua sebagai tanah yang damai,” ajak Jokowi. (Baca: Ini 5 Nama Korban Tewas, dan 2 Korban Luka Kritis di Paniai).

 

Jokowi juga menghimbau, melalui perayaan natal, rakyat Papua dapat memelihara rasa percaya, sehingga bisa terus bicara dengan suasana yang damai dan sejuk.

 

“Karena hanya dengan cara itu, natal akan membawa kabar baik untk kita semua. Saya juga ingin menyampaikan selamat natal, semoga Tuhan yang maha kuasa memberkati kita,” ujarnya. (Baca: Jokowi Sesalkan Peristiwa Kekerasan di Kabupaten Paniai).

 

Sebelumnya, Jokowi melangsungkan pertemuan dengan Barisan Relawan Jokowi di GOR Waringin, Kota Jayapura. Besok, direncanakan mengunjung Kabupaten Wamena, Papua.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

0
“Kepala suku jangan membunuh karakter orang Abun yang akan maju bertarung di Pilkada 2024. Kepala suku harus minta maaf,” kata Lewi dalam acara Rapat Dengar Pendapat itu.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.